Karena keberhasilan dalam hal penjualan produk di wilayah Asia,
seorang manager pemasaran sebuah perusahaan minuman
ringan (coke) Amerika Serikat mendapat kepercayaan dari big
bosnya (direktur) untuk memimpin perwakilan perusahaan di
wilayah Timur Tengah. Manager tersebut dipanggil menemui sang
direktur di ruang kerjanya.
Direktur : Prestasi penjualan anda di wilayah Asia bagus sekali.
Karenanya saya menugaskan anda untuk menangani penjualan di
Timur Tengah, rencananya kita akan membuka kantor perwakilan
di sana, anda sanggup ?
Manajer : Saya siap pak ! Terima kasih atas kepercayaan bapak
kepada saya.
Singkat cerita berangkatlah si manager ke Arab Saudi untuk
melakukan tugasnya tersebut.
Ternyata setelah 1 tahun memimpin penjualan di sana, hasilnya
sangat tidak memuaskan, jauh dibanding waktu menangani Asia.
Diminta pulanglah manager tersebut oleh sang direktur.
Direktur : Sudah setahun berjalan, prestasi anda di wilayah Timur
Tengah sangat tidak memuaskan, lebih buruk dari penjualan
sebelumnya, bisa dijelaskan kenapa?
Manager : Sejujurnya permasalahannya hanya satu pak. Bahasa.
Saya sama sekali tidak menguasai bahasa Arab, dan mereka pun
sebagian besar tidak memahami bahasa Inggris. Jadi walau iklan
billboard kami buat dengan tulisan yang jelas dan besar, toh tidak
banyak pengaruh. Itulah permasalahannya pak.
Direktur : Lalu apa solusi anda untuk menangani masalah
tersebut ? Adakah ide dari anda ?
Manager : Saya punya solusi begini pak; beri kesempatan sekali lagi
kepada saya. Saya akan coba mengiklankan produk kita dengan
cara lain yaitu, melalui gambar bukan bahasa.
Direktur : Maksud anda ?
Manager : Dalam iklan nanti saya akan buat poster berukuran
besar dengan 3 gambar cerita di dalamnya yang akan saya
urutkan dari kiri ke kanan. Poster 1 menggambarkan seorang
pemuda sedang sangat kelelahan di padang pasir yang sangat
terik dengan langkah gontai. Poster 2 menggambarkan si pemuda
tersebut lalu minum sebotol minuman produk kita. Poster 3
menggambarkan, alhasil pemuda tersebut menjadi segar bugar,
ceria dan kembali semangat.
Direktur : Brillian ! Luar biasa ide anda. Segera berangkat kembali ke
sana dan lakukan tugas anda !
Manager : Siap pak, terima kasih. (dengan optimis)
Keesokannya si manager kembali lagi ke Timur Tengah untuk
melakukan apa yang telah dibicarakan dengan sang big bos.
Setelah 6 bulan berlalu, ternyata si manager dipanggil kembali oleh
atasannya pulang ke negaranya perihal hasil penjualan produk
tersebut yang makin anjlok, dan jauh lebih rendah dari yang
paling rendah alias gagal total.
Direktur : Anda tahu saya panggil ?
Manager : Mengerti pak.
Direktur : Bisa dijelaskan, kenapa rencana anda gagal ? Dengan
rencana tersebut seharusnya membuahkan hasil. tetapi penjualan
produk kita kok malah justru turun drastis, padahal ide anda
sangat bagus. Apa yang salah ?
Manager : Benar pak, saya sudah lakukan dengan keyakinan yang
tinggi. Saya buat poster iklan besar dgn 3 buah gambar yang
dipasang di setiap pinggir jalan raya yang strategis dan ramai.
Poster 1, 2 dan 3 saya urutkan dari kiri ke kanan bagaikan sebuah
cerita singkat.
Direktur : Lalu, kenapa masih gagal juga ?
Manager : Itu dia masalahnya pak, saya tidak tahu bahwa
kebiasaan membaca orang Arab dari kanan ke kiri.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon